Langsung ke konten utama

5 Tips Membangun Rumah Biaya Murah

5 Tips Membangun Rumah Impian nan Ideal dengan Biaya Murah dan Terjangkau


Memiliki rumah impian adalah keinginan setiap orang. Membangun rumah impian biasanya identik dengan rumah yang besar dan mewah, yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam pembuatannya. Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki cukup biaya untuk membuat rumah yang besar dan  mewah? Apakah ini berarti anda tidak bisa membangun rumah impian tersebut?....... Jangan khawatir, 5 tips di bawah ini akan membantu Anda mewujudkannya.


1.       Mencari lokasi yang tepat
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari lokasi yang tepat untuk bangunan rumah impian anda. Tentu saja Anda harus menyesuaikannya dengan dana yang anda miliki dalam membangun rumah tinggal. Beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi diantaranya, posisi yang strategis (dekat dengan sekolah, rumah sakit, tempat kerja atau fasilitas umum lainnya), bebas banjir, bebas polusi udara, dan lain sebagainya. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, misalnya lokasi yang bebas banjir maka Anda tidak perlu biaya ekstra untuk meninggikan bangunan rumah anda.


2. Membuat Gambar desain rumah
Setelah mendapatkan lokasi yang cocok, selanjutnya buatlah gambar desain bangunan rumah anda secara detail untuk menghindari salah bangun rumah anda. Untuk membangun rumah impian anda sebaiknya tentukan dulu keinginan dari rumah yang hendak dibangun, seperti konsep rumah yang diinginkan, fungsi ruangan apa saja yang dibutuhkan, serta fitur tambahan apa yang anda inginkan untuk tersedia di rumah. Semua pertanyaan tersebut akan ikut membantu proses penentuan desain yang akan dibuat.

Desain rumah yang anda buat ini juga nantinya akan berpengaruh pada biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk memiliki rumah idaman dengan biaya murah, Anda bisa menggunakan desain rumah tipe minimalis. Rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Ruangan pada tipe ini dibuat dengan menerapkan konsep multifungsi. Anda bisa mempergunakan ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga, dapur sekaligus sebagai ruang makan, dll.

Sebagian besar masyarakat Indonesia meremehkan gambar desain rumah, akibatnya bukan rumah impian yang didapatkan, melainkan proses bongkar pasang bangunan yang tak kunjung selesai . Dimana ini akan membuat proses pembangunan rumah Anda semakin lama dan berimbas juga pada biaya pembangunan.


3. Mengajukan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)
Setelah menyelesaikan gambar desain rumah impian, Anda bisa mengajukan IMB untuk disetujui pemerintah. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mendapatkan petunjuk dari Pemerintah mengenai tata cara perencanaan yang tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.


4. Memilih Jasa Bangun Rumah (juru bangunan/kontaktor/pemborong)
Membangun rumah impian dengan biaya yang murah bukan berarti anda melakukan semua pekerjaan pembangunan sendiri. Anda membutuhkan jasa bangun rumah/kontraktor yang akan membantu anda mewujudkan rumah impian tersebut. Pilihlah Jasa bangun rumah yang ahli dan profesional karena budget terbesar yang akan Anda keluarkan ada pada biaya pelaksanaan proyek pembangunan rumah. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang jasa konsultan desain yang sudah terbiasa membangun rumah, bandingkan mana yang paling murah dan bagus. Hal ini penting mengingat banyak sekali rumah yang daya tahannya kurang baik hanya karena penggunaan bahan bangunan serta jasa kontruksi yang tidak berkualitas. Karena itu, agar rumah impian Anda lebih awet dan tahan lama, jangan sembarang memilih jasa konstruksi. Kalau anda salah memilih kontraktor atau pemborong maka akan berakibat munculnya potensi pembengkakan biaya pembangunan rumah.


5. Belanja bahan bangunan
Dalam membangun rumah, setelah menemukan kontraktor yang tepat, langkah selanjutnya adalah membeli bahan bangunan untuk rumah impian Anda. Sebelum Anda membeli bahan bangunan, sebaiknya tentukan dulu material yang akan dipakai. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, Anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal yang kualitasnya bagus. Jangan ragu-ragu untuk keluar masuk toko bangunan guna menanyakan harga material yang dibutuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan tidak semua toko menjual bahan-bahan tersebut dengan harga yang sama.


Dengan 5 tips di atas, keinginan Anda untuk memiliki rumah impian dengan biaya yang murah bukanlah hal yang mustahil. Jika anda memerlukan jasa desain rumah dan bangunan...baik desain arsitektural ataupun desain interior, kami siap membantu dalam merencanakan dan merealisasikannya. Silahkan hubungi kami di kontak person kami. Semoga bermanfaat dan selamat mewujudkan rumah impian Anda!

Komentar